Musim Hujan, BPBD Halteng Imbau Masyarakat Waspada

0
62
Kapala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Tengah, Kamal Abd Fatah

WEDA,MPe – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Tengah (Halteng) mengimbau masyarakat tetap waspada.

Kapala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Halteng, Kamal Abd Fatah, Minggu (6/7) Mengatakan, masyarakat harus waspada dan selalu berhati – hati, apalagi curah hujan sangat tinggi dalam kurung waktu satu bulan ini.

Dia menuturkan, masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai harus waspada akan terjadinya banjir, karena banjir terjadi di sekitar sungai karena bibit air yang mengalir tidak lagi dapat menampung air yang mengalir. Apalagi keadaan sungai yang sangat dangkal dan sempit mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna.

Kamal mengingatkan, masyarakat yang tinggal di sekitar bukit agar selalu waspada dan lebih berhati–hati akan terjadi longsor, karena di tempat tersebut rentang terjadi longsor ketika hujan deras.

“Untuk itu kami meminta peran aktif masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah di bantaran sungai, karena membuang sampah sembarang dapat mengakibatkan banjir,” jelasnya.

Terpisah Kabid Pencegahan dan kesiap Siagaan BPBD Halteng Hasyim Djabar Menyampaikan, timnya selalu melakukan patroli saat musim hujan melanda wilayah Halteng sekaligus melakukan himbauan kepada masyarakat di sekitar bantaran sungai dan bukit agawaspada dan hati – hati.

“Apalagi curah hujan terjadi dimalam hari, bilamana akan terjadi banjir dan tanah longsor agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun TNI dan Polri yang ada dilingkungan sekitar. Kami dari BPBD Halteng siap siaga melayani masyarakat apalagi dalam situasi musim penghujan saat ini,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here