Tim Epidemiologi Rekomendasi PSBK Ke Gustu Ternate

0
52
Kepala Bidang Kajian Epidemiologi

TERNATE,MPe – Tim ahli epidemiologi serahkan rekemdasi terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Kecamatan (PSBK) kepada Gugus tugas (Gustu) percepatan dan penanganan Covid-19 Kota Ternate.

Kepala Bidang Kajian Epidemiologi, Irwan mengatakan, ada beberapa rekomendasi yang telah dikaji dan memenuhi persyaratan untuk direkomendasikan kepada gugus tugas Ternate untuk melakukan PSBK bukan PSBB.

Dia menjelaskan, penerapan PSBK hanya berskala kecamatan atau Kelurahan artinya, wilayah yang dianggap zona merah akan di lock atau di kunci agar aktivitas meraka dibatasi, jangan sampai memasuki di zona hijau.

“Untuk zona hijau, aktivitas mereka seperti biasa,” kata Irwan di ruang rapat Kanto Wali Kota Ternate, Selasa (30/6).

Skema kuncinya, lanjut dia, diaktifkan tim gugus kelurahan atau RT/RWA serta petugas kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bisa pantau wilayah zona merah.

Meskipun angka positif di kota ternate semakin tinggi, tetapi menurut dia, angka ini bisa diatasi melalui skema mengunci wilayah karena mobilitas di Kota Ternate cukup tinggi, sehingga harus dibatasi kelurahan yang dianggap zona merah.

“Begitu juga dengan zona hijau harus dibatasi masuk ke zona merah,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here