Pasien Positif Corona di Ternate Bisa Karantina Mandiri

0
71
Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman (Foto Zaki For Matapublik.id)

TERNATE,MPe – Gugus tugas (Gustu) percepatan dan penanganan Covid-19 Kota Ternate, terapkan pasien positif Corona bisa melakukan karantina mandiri di rumah, terkecuali Ibu Hamil dan pasien diatas 50 Tahun.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman selaku Ketua Gustu Covid-19 Kota Ternate, Selasa (30/6) mengatakan, pasien positif bisa melaksanakan karantina mandiri di rumah asalkan tetap menjankan protokol kesehatan, sekaligus ada pengawasan dari Gutu Ternate.

Dia menuturkan, karantina mandiri ini karena tenaga medis puskesmas akan dikembalikan tempat tugas mereka masing-masing untuk membantu Gustu kelurahan agar masalah ini bisa ditangani bersama.

“Kami akan titik beratkan di kelurahan yang dianggap zona merah pasien positif. Tenaga medis juga harus fokus sosialisasi terkait dengan penerapan ini, agar masyarakat juga bisa mengetahui,” kata Wali Kota usai rapat bersama dengan tim ahli epidemiologi di ruang rapat Kantor Wali Kota Ternate.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, M. Arif Gani menjelaskan, pemeriksaan dan isolasi mandiri di rumah ini merupakan pelaksanaan protokol kesehatan dalam perubahan ke empat, itu bagi pasien positif yang bergejala ringan.

Yang dilakukan karantina di tempat isolasi di Hotel, lanjut dia, bagi Ibu Hamil dan usia diatas 50 Tahun. Dengan begitu, Gustu Kota Ternate akan persiapkan tenaga medis di setiap Kecamatan dan Kelurahan.

“Sebab, belum ada lokasi karantina baru, karena perumahan jema’ah haji di kelurahan Ngidi masyarakat masih menolak. Tinggal kami menunggu lokasi karantina di Hotel Corner Palace Ternate yang disediakan Gustu Provinsi Maluku Utara,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here